INTRODUCTION : YOUR GUIDE TO KAMPUNG INGGRIS

 

 ( Source : commons.wikimedia.org )

 

Welcome to Pare, Kediri, Jawa Timur, Indonesia!!

Siapa sih yang gak tau Pare (salah satu wilayah di Kediri) alias Kampung Inggris! Wahhh England van Java nihh!! Sebuah wilayah yang bener-bener full of English Course, everywhere!. Lembaga-lembaga kursus yang ada disini memang menjadi tujuan utama dari anak-anak kecil sampe dewasa sekalipun! Tapi memang kebanyakan yang kursus disini itu masih muda-muda yaa masih pada fresh  I wanna share my experience and share “Tips and Tricks” to you guys! Hope you enjoy it and it will be help you to know about Kampung Inggris more. Are you ready for the journey guys? Ready? Ya!!  

Check this out!!
Buat kalian yang ada planning untuk ambil English Course di Kampung Inggris, tapi sebelumnya belum pernah sama sekali kesini atauu masih bingung mau ambil kursus apa dan dimana, gue akan berbagi tips nihh buat kaliannn. Okay?!

Tips yang pertama adalahhhh……………………………..




 GOOGLING!
Ini cara yang paling mudah dan bisa di-akses oleh siapaa aja dan dimana aja, kalo mau praktis ya ini caranya. Pertama, kalian bisa cek di website resmi Kampung Inggris di http://kampung-inggris.com/ kalian nanti bakal nemuin baaaaaaaannnyyaaaaaakkk banget English Course dengan berbagai paket dan program kursus yang menggiurkan, seriuss dehh dan mungkin bisa buat kalian sedikit bingung untuk memilihnyaa, tapii jangan khawatirr!! Tenanggg masih ada trik dari Ms. Dina (#eaa)

Setelah cek website resminya atau bisa juga googling di web yang lain, intinya kalian harus tau “apa kebutuhan kalian?” “Kalian di Kampung Inggris mau belajar apa (spesifik)”. Kenapaa harus gitu? Karena  setiap English Course di Kampung Inggris punya keunggulan masing-masing, misalnya yang terkenal akan kualitas untuk bedah IELTS itu ada di English Studio, TEST, Global English, dll. 

Walaupun di satu tempat kursus itu menawarkan berbagai program, tapi kita harus tau kira-kira tempat kursus tersebut unggulnya dimana dan sesuai ga sama kebetuhan kalian. Setelah kalian sudah memantapkan butuhnya apa (misalnya, mau belajar IELTS untuk persiapan study abroad) efektifnya kalian juga harus mencari, tempat kursus apa yang recommended dan unggul dalam IELTS nya, jangan sampe kalian salah ambil program, misal butuhnya IELTS tapi malah ambil program Speaking.

So, how we can know, where’s the best place to study English in Pare?

Sudah googling tentang apa aja kursus yang ada di Pare, saatnya kalian compare (buat perbandingan) antara satu kursus dengan kursus lainnya. Wait, sebelumnya ini ga bermaksud membandingkan dalam hal yang gimana ya, karena dari situlah kita bisa tau, ohhh kalo tempat kursus ini bagusnya di Speaking, ohh kalo yang ini bagusnya itu Grammar-nya, dann seterusnyaaa….. selain membandingkan kalian juga bisa lihat testimony dari para alumni (bisa liat di komen atau bisa langsung tanya sama temennya/sodaranya/kekasihnya/orang tuanya berdasarkan pengalaman-pengelaman mereka sebelumnya). 

Selain lihat komen atau nanya-nanya ke kerabat dan keluarga terdekat, kalian juga bisa langsung cari website resmi kursus yang kalian inginkan, misalnya English Studio Pare (bisa check di http://es-indonesia.com/), kalian bisa langsung menghubungi contact person yang ada di website untuk cari informasi sebanyaakk-banyaknya. Bisa juga konsultasi atau bisa tanya-tanya di CP yang sudah tertera di website resmi Kampung Inggris (http://kampung-inggris.com/).


TANYA ORANG YANG BERPENGALAMAN
Selain googling kalian juga bisa cari info sama temen kalian yang sudah pernah ambil kursus di Kampung Inggris, tanya-tanyaa duluu dia ambil kursus apaa, dan boleh juga kalo ada saran/rekomendasi dari temennya lebih bagus lagiii. 

Rekomendasi orang lain bisa membantu kamu untuk menentukan program serta lembaga yang tepat!
Nahh, sekarang kamu sudah tau kannn kebutuhanmu apaa, mau ambil program apa, dan di lembaga mana? Kalau sudahhh, let’s move to another Tips and Tricks!














Caranya ke Kampung Inggris gimana yaaaa ?
Untuk sampe ke Kampung Inggris kamu bisa melalui tiga jalur, yaitu : Pesawat, Kereta Api, danBis. Namun, kalo kamu berasal dari kota nan jauh dimato, kamu bisa ke sini melalui pesawat, bis/kendaraan pribadi, ataupun bisa juga naik kapal. Pokoknya menyesuaikan dari daerah mana kamu berasal. Info lebih lanjut kamu bisa dapetin di website ini (klik kolom Transportasi http://kampung-inggris.com/).


Living Cost selama di Pare

CAMP
Ada dua jenis camp yang ditawarkan di Kampung Inggris, yaitu camp yang sudah disediakan oleh lembaga kursus (biasanya ambil paket program+camp) atau camp yang bisa kamu cari sendiri disini (biasanya ini yang non paket camp). Jadi, sebelum kamu regist program, kamu bisa tanya dulu apakah program ini sudah include camp atau ga. Kalo ternyata sudah include camp, berarti kamu ga repot lagi kesana kemari untuk cari camp. Rata-rata camp/kos yang ditawarkan di Kampung Inggris ini sekitar 100.000-150.000/bulan.

 
SEWA SEPEDA
Selama disini, kamu pasti akan butuh yang namanya kendaraan, rata-rata students disini pada sewa sepeda sebagai sarana transportasi yang ramah lingkungan. Kalian bisa sewa sepeda di tempat-tempat sewa sepeda di sekitar Jl. Brawijaya, Jl. Anggrek, dll. Ada salah satu sewa sepeda namanya “JACK” letaknya di Jl. Anggrek nahh disitu kalian bisa sewa sepeda seharga 50,000/bulan dengan jaminan KTP/SIM, kelebihannya disini kalian bisa memilih sepeda yang kalian mau (tapi disini jenisnya sama semua tapi beda warna), kalian juga bisa tuker sepeda kapan aja (tapi harus lapor dulu yaa), dan juga gratis service ataupun pompa ban. Setelah kalian daftar jadi member untuk sewa sepeda, kalian akan dikasih kartu gitu, gunanya kalo mau service atau tuker sepeda ya harus bawa itu biar bisa didata. 


KONSUMSI & LAUNDRY
Selain sepeda, kalian juga bisa berbelanja kebutuhan lain, sesuaikan dengan kebutuhan ya dan berapa lama kamu tinggal disini. Kalo untuk makanan sih disini ga sulit ya, karena disetiap jalan, apalagi sepanjang Jl. Brawijaya itu banyaak banget tempat makan yang bisa kamu kunjungi, harganya pun bervariasi mulai dari Rp.2,000 (untuk minuman) dan Rp4,000 – Rp. 20,000 an (untuk makanan). Kalau mau minum air mineral, biar hemat kalian bisa beli galon yang isi 5L harganya Rp.10,000-Rp.12,000 (tergantung toko) jadi cukup untuk beberapa hari. Kalo untuk cuci baju, kamu bisa pilih mau laundry atau cuci manual biar hemat hhe. Laundry disini mulai dari Rp.3,000-Rp.4,000/kg. 


PUSAT OLEH-OLEH
By the way buat kamu yang suka banget belanja souvenir jangann bingung! Di sepanjang Jl. Brawijaya, Kampung Inggris banyakk banget toko yang menjual berbagai pernak-pernik khas Kampung Inggris. Ada kaos dengan bermacam motif dan tulisan “Kampung Inggris”, ada juga slingbag, totebag, mug, gantung kunci, pencil case, banyakk banget unik-unik.

Harganya start from Rp.4,000- Rp.130,000. Based on my survey, gantungan kunci dan gelang start from Rp.2,500-Rp.10,000. Untuk mug, celengan, sama pencil case start from Rp.10,000-Rp.45,000, untuk tas-tas (slingbag/totebag) start from Rp.20,000-Rp.45,000 nahh yang terkahir kaos sablon start from Rp.47,000-Rp.130,000. Happy shopping!!
 


Tips dari aku sih mungkin usahakan H-2 atau H-1 kelas dimulai sudah ada di camp, lohh kenapa? Karena biasanya akan ada administrasi (pelunasan, pemberian tanda bukti pembayaran, placement test, registrasi, dll), beres-beres barang, dan juga kamu bisa explore Kampung Inggris duluu.
Nahhh ituu dia Introduction : Your Guide to Kampung Inggris. Nahh setelah ini aku bakal sharing pengalaman aku selama di Pare (COOMING SOON) see ya!


Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca blog-ku yang amatiran ini, hhee.
Menerima kritik, saran, dan pertanyaan, yukk langsung aja hubungi ke :

Warm Regards,
Fayna Faradiena (IELTS Fighter)

Comments

Popular posts from this blog

Kisah si Mawar Hitam

Tips Jitu Menghitung Peluang SNMPTN