Ngeliwet Yuk!





Istilah kata “liwet” sudah tak asing kita dengar sebagai penduduk pribumi. Liwet yang saya maksud sedikit berbeda dengan “nasi liwet”. Ngeliwet adalah salah satu tradisi makan bersama beralaskan daun pisang dijajarkan lalu berisi nasi, ikan asin, daun singkong rebus, sambal terasi, dan tambahan lauk-pauk lainnya. Tradisi ini aku jumpai untuk pertama kalinya di Kampung Sinarjaya, Desa Girijagabaya, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. 

Tak  pernah kurasakan sebelumnya makan bersama di atas daun pisang dengan lauk yang sangat sederhana. Betapa hangatnya kekeluargaan yang aku rasakan waktu itu, tak hentinya aku tersenyum melihat kebahagiaan anak-anak SDN 01 Filial Girijagabaya pada saat kami ngeliwet bersama. Ngeliwet ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Banten, makanan utamanya yang wajib ada adalah ikan asin, sambal, dan sayur (daun singkong, pete, atau jengkol). Bahkan anak-anak disini pun lebih jago daripada aku dalam hal ngeliwet. Untuk kalian masyarakat perkotaan yang penasaran seperti apa rasanya ngeliwet, berikut akan saya jabarkan resep ngeliwet ala masyarakat Sinarjaya :

Tahap Pertama, persiapkan peralatan yang diperlukan, seperti kayu bakar (ini wajib karena rasanya akan berbeda kalau menggunakan kompor), korek api, wadah aluminium kecil untuk memasak nasi (ada nama khasnya, saya lupa tapi hhe), wajan, spatula, daun pisang, dan cobek (ulekan). Selain itu persiapkan juga bahan-bahan yang akan dimasak seperti beras, air, minyak goreng, ikan asin, garam, terasi, cabai merah, tomat, bawang merah, daun singkong, dan bahan tambahan lainnya. 

Tahap Kedua, memasak nasi. Untuk memasak nasi ini sangatlah mudah, cuci terlebih dahulu beras sesuai yang diperlukan, kemudian tambahkan air dan dimasak menggunakan wadah aluminium di atas kayu bakar yang sudah menyala. Sembari menunggu nasi masak.

Tahap Ketiga, persiapkan lauk-pauk yang dihidangkan, seperti sambal terasi (sama seperti resep sambal terasa pada umumnya), ikan asing goreng, daun singkong yang direbus, dan lauk lainnya (jika ada).

Tahap Keempat, persiapkan daun pisang yang utuh, lalu jajarkan memenjang. Setelah nasi masak dan lauk sudah siap, Letakkan nasi di atas daun pisang, lalu disusul dengan lauk-pauk di atas nasi tersebut.

Nahhh itu dia tahap-tahap ngeliwet yang bisa dicoba di rumah. Jika menggunakan kayu bakar, sebaiknya berada di luar ruangan. Selamat mencoba ngeliwet bersama keluarga!

#Day27 #RamadhanInspiratif #Aksara
#30HariMenulis #Challenge

Fayna Faradiena

Comments

  1. video games for sale | YouTube
    Videos, photos, videos, trailers, reviews, video, convert youtube to mp3 downloads and more. Videos, videos, trailers, reviews, videos, trailers, reviews, videos, trailers, videos,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts