#IELTSJOURNAL : MENGENAL SIMPLE – COMPOUND – COMPLEX SENTENCE LEBIH DEKAT


#IELTSJOURNAL : MENGENAL SIMPLE – COMPOUND – COMPLEX SENTENCE LEBIH DEKAT



CHAPTER 4

Setelah membahas IELTS Speaking di Chapter sebelumnya, hari ini kita akan membahas tentang Sentence atau bahasa Indonesianya : “kalimat” yang ga kalah pentingnya sebagai bekal dalam IELTS Exam (tentunya Writing & Speaking) yang juga jadi salah satu strategi IELTS Catcher untuk boost IELTS Score. Hhmm, terdengar simple karena saat berbicara pasti  kita menggunakan kalimat. Tapi tahukah kalian, ternyata membuat sentence itu ada caranya loh. Nah, sebelum lebih mendalam, aku mau tanya dulu nihh :

Apa bedanya antara SENTENCE ; CLAUSE; PHRASE; dan WORD ?


Tarik nafas, hembuskan…tarik nafas lagi, hufft hembuskan.. yuk coba jawab definisi istilah tersebut versi kamu sesuai dengan apa yang sudah kamu pelajari.
SENTENCE ituu,…..
Kalau CLAUSE ituu…
PHRASE adalahh…
sedangkan WORD adalah….

Alright!
You did your best dude, thanks for answering that questions!
In this occasion, I would like share to you the definitions of  sentence, clause, phrase, and word in a simple way! Let’s start!


SENTENCE
Pasti terdiri dari beberapa clause (jadi si-clause atau klausa ini dipastikan ada di dalamnya sentence), harus ada S (subject) dan V (verb) didalamnya. Sentence ini terdiri dari beberapa macam, yaitu simple; compound; dan complex yang nanti akan kita bahas lebih detail.

CLAUSE
Terdiri dari S+V  (pasti harus ada subject dan verb), clause ini terdiri dari independent clause (IC) dan dependent clause (DC). Seperti namanya, independent clause ini dapat berdiri sendiri (mandiri), sedangkan dependent clause bergantung dengan kalimat independent (kalimat pelengkap). Tapi di artikel ini sayangnya saya tidak menjelaskan CLAUSE secara detail, saya anggap teman-teman sudah paham mengenai ini sebelumnya. (Contoh IC: We are learning; We = S, Are = verb).

PHRASE
Berbeda dengan clause yang harus terdiri dari S+V, phrase ini dia cukup salah satunya saja (S/V) yang dapat berfungsi sebagai subject atau object.  Contoh: a beautiful girl (tidak ada verb, hanya subject saja).

WORD
A group of letters and meaning (kumpulan huruf yang memiliki arti).

So, what’s next?
Selanjutnya kita membahas Simple – Compound -  Complex Sentence secara ringkas. Sebenarnya kita sering pakai kalimat jenis- tersebut.  Mungkin kadang ga sadar, karena penggunaan istilah yang unfamiliar with us, padahal dalam realitanya bisa jadi kita sering mengaplikasikannya dalam keseharian.

Mari kita mulai dari SIMPLE SENTENCE,n sebenarnya simple sentence ini adalah independent clause. Dimana kalimat yang dibuat cukup memerlukan satu Subject  (S) saja  dan Verb (V) dan dapat berdiri sendiri. Maksudnya dapat berdiri sendiri itu apa ? Artinya, kalimat itu dapat diartikan (dimengerti) tanpa harus ada kalimat selanjutnya. Contoh : “I am sick”, dapat dimengerti kan kalimatnya?. Kecuali dia berbuny : “Because I am sick…” kalimat ini belum selesai (harus ada pelengkapnya), maka dari itu kalimat kedua ini merupakan kalimat dependent (tapi tidak dignakan di SIMPLE SENTENCE).

Selanjutnya adalah COMPOUND SENTENCE, perbedaannya adalah terdiri dari dua independent sentence dilengkapi dengan coordinator connectors yang dapat disingkat dan dihafal sebagai FANBOYS. Berikut merupakan rumus bagaimana penggunanaan COMPOUND :
INDEPENDENT CLAUSE ,  FANBOYS INDEPENDENT CLAUSE
FANBOYS adalah singkatan dari : For, And, Nor, But, Or, Yet

NB:
1.)    “For” yang dimaksud dalam hal ini memiliki arti “karena”
2.)    Letak koma (,) dalam satu COMPOUND Sentence harus sebelum FANBOYS.

Contoh COMPOUND SENTENCE :
I go to market , and  my mother buys some fruit


Next, COMPLEX SENTENCE. Yups! Sesuai namanya “complex” memang sedikit lebih kompleks instead of SIMPE dan COMPOUND. Dalam satu kalimat complex, harus terdiri dari independent dan dependent clause yang diawali atau bisa dihubungkan dengan coordinator connectors. Ada dua model (rumus) untuk membuat COMPLEX SENTENCE :

INDEPENDENT CLAUSE ,   COORDINATOR  DEPENDENT CLAUSE
                                               A T A U
COORDINATOR  DEPENDENT CLAUSE  ,  INDEPENDENT CLAUSE

Connector (penghubung) yang digunakan dalam COMPLEX SENTENCE berbeda dengan FANBOYS, yang hanya boleh menggunakan kata di bawah ini saja, yaitu:
1.)    Because; because of…; since; as ; now that; inasmuch as… yang memiliki arti KARENA
2.)    While ; although; even though; though; abeit; whereas.. yang memiliki arti SEMENTARA ITU/SEDANGKAN…
3.)    So that… yang memiliki arti JADI…

Sangat penting bagi kita untuk memahami bagaimana membuat SENTENCE sebagai bekal baik dalam Writing maupun Speaking. Karena SENTENCE adalah modal utama sebagai test taker untuk menunjukkan kepada examiner bahwa kita memiliki range pengetahuan yang luas terhadap struktur dalam bahasa Inggris. Jangan lupa diaplikasikan saat latihan Writing dan Speaking ya guys! Semangat belajar #IELTSCATCHERS!

#englishstudio #englishstudioindonesia #englishstudiopare #ieltspare #ieltsenglishstudio #beasiswaieltspare #kampunginggrispare #kampunginggris #ieltskampunginggris

Comments

Popular Posts