#IELTSJOURNAL : CARA MENJAWAB WRITING TASK 1 IELTS MODEL MAPS



CHAPTER 10

Guys guys..
Kamu tahu gak, ternyata ada cara seru loh untuk jawab esai Writing Task 1 pada IELTS model maps. Meskipun menulis sering diasosiasikan dengan hal yang menyeramkan, kalau kamu dapat menemukan pattern (pola) untuk menjawabnya dijamin seru!

Ada empat tahap utama yang harus kamu lewati dalam menulis model maps, terutama jika modelnya merupakan dua gambar yang berbeda (double). Apa saja itu? Yuk disimak tahap-tahap di bawah ini:
#TAHAP 1 : Membagi letak sesuai arah mata angin
Langkah pertama adalah memegang teguh arah mata angin, karena akan digunakan dalam hal pembagian wilayah. Adapun pembagian wilayah berdasarkan mata angin berguna untuk membantu dalam mengembangkan ide. Wah gimana tuh? Nanti setelah ini akan lebih jelas ;)






#TAHAP 2 : Focus on the changes and classifying
Jika ada dua gambar, misal yang satu adalah gambar saat ini (existing) atau di waktu lampau sedangkan satunya lagi merupakan projected planning di masa mendatang, maka fokus pada perubahan yang akan terjadi. Agar lebih mudah mari kita praktek langsung dari maps ini ya!



Pada gambar ini, kita akan melakukan pembagian wilayah terlebih dahulu berdasarkan arah mata angin. Namun, pembagian ini harus berdasarkan fitur yang berubah saja : 



 
Focus on the changes



Flat
Housing

Text Box: WEST


Airport
Housing
No green areas
Flat
Railway
Supermarket
Housing

Factory
Ferry
Railway
No green areas





 #TAHAP 3: Grouping or Synthesizing
Tahap ini memerlukan kemampuan sintesa atau mengelompokkan beberapa kata menjadi satu grup. Contoh:
Ferry dan railway dapat dikelompokkan menjadi TRANSPORTATION
Supemarket dan Factory = BUSINESS SECTOR
Flat dan housing = ACCOMMODATION

#TAHAP 4: Selamat menulis!



Writing Example:
In the 2005, some green areas were demolished, and this turned into a supermarket in the south-west of the city. Another business sector developed was the factory to provide a man-power for people city where this was surrounded by the green areas.



Comments

Popular Posts