Info Session : Education & Scholarships (Australia)




Pendidikan merupakan hal yang paling penting bagi negara. Berhasil atau tidaknya sebuah negara, tergantung pada pendidikan di negara tersebut. Banyak sekali negara maju yang dapat kita lihat dan juga dapat kita jadikan role-model kita dalam bidang pendidikan, seperti negara Jepang dan Korea dengan tingkat disiplin yang sangat tinggi serta sangat maju akan teknologi dan penelitian-penelitian inovatif. Pernah dengar tentang kereta Shinkansen? Kecanggihan kereta Shinkansen. Kereta tersebut mampu berkecepatan tinggi yang melaju antara 270 kilometer per jam hingga 320 kilometer per jam dan konon bisa melaju di bawah laut. Sangat menarik, bukan?


 









Beralih dari Negeri Matahari, mari kita menjelah ke negara lain, negara Kangguru. Yups! Australia. Negara ini masih terbilang cukup mudah dijangkau dari Indonesia, karena letaknya bertetangga dengan Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini, dan New Zealand. Australia merupakan negara persemakmuran Inggris dengan sistem politik demokrasi liberal.  Negara dengan ibu kota Canberra ini, merupakan negara maju yang makmur dengan ekonomi terbesar ke-13 di dunia. (read more : https://id.wikipedia.org/wiki/Australia )

Dalam bidang pendidikan Australia memiliki jumlah siswa internasional terbanyak ketiga di dunia setelah Inggris dan Amerika Serikat. Australia memiliki tujuh dari 100 universitas terbaik dunia! Peringkat Australia berada di atas Jerman, Belanda dan Jepang, dan berperingkat delapan dalam Peringkat Sistem Pendidikan Tinggi Nasional Universitas U21 2012 dengan lebih dari 22.000 program di 1.100 lembaga pendidikan.

Pemerintah Australia memberikan lebih dari 200 juta dolar Australia untuk beasiswa internasional setiap tahunnya. Hal ini menjadikan segalanya lebih mudah bagi Anda untuk datang dan mengalami keunggulan pendidikan Australia terhadap karir Anda di masa depan. Lalu apa saja beasiswa yang dapat Anda raih untuk study in Australia ? Yuk! Kita simak dibawah ini!
Beasiswa yang ditawarkan di Australia terdapat dua jenis, yaitu beasiswa penuh (full scholarship) dan beasiswa sebagian (partial scholarship). Adapun full scholarship yang bisa Anda dapatkan, seperti :

    Beasiswa LPDP 
Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang diberikan oleh Departmen Keuangan Indonesia kepada S2/S3 yang akan melanjutkan studinya ke dalam, ataupun luar negeri. LPDP merupakan beasiswa yang paling sering dicari di Indonesia.
>> Persyaratan Lengkap Beasiswa LPDP (click here) <<

Beasiswa DIKTI
Beasiswa DIKTI adalah beasiswa yang diberikan oleh Departmen Pendidikan kepada mereka yang akan melanjutkan studinya ke dalam ataupun luar negeri. Beasiswa ini khusus diperuntukkan kepada dosen/calon dosen di Indonesia.
>> Persyaratan Lengkap Beasiswa DIKTI (click here) <<

      Beasiswa Australia Awards (AAS)
Australia Awards Scholarship (AAS) adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Australia kepada siswa Indonesia, dan ingin kuliah di Australia (khusus untuk bidang studi S2 dan S3).
>> Persyaratan Lengkap Beasiswa Australia Awards (click here) <<

     Beasiswa Endeavour
Beasiswa Endeavour adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Australia, kepada mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya di Australia.
>> Persyaratan Lengkap Beasiswa Endeavour (click here) <<


Belum puas dengan informasi beasiswa di atas?? Jangan khawatir! Selain full scholarships juga masih ada partial scholarships yang bisa Anda coba, apa saja beasiswanya? Ini dia!

Partial Scholarships merupakan beasiswa yang diberikan oleh kampus kepada Anda yang ingin kulih di Australia. Pembiayayaan yang ditawarkan memang tidak penuh, namun Anda bisa menggunakan beasiswa ini untuk meringankan biaya kuliah Anda di Australia. Bantuan beasiswa ini sekitar AUD 3000- 10.000, tergantung dengan kampus. Untuk informasinya Anda dapat mencari informasi di laman resmi kampus, seperti :

University of Sydney

The University of Adelaide

University of Melbourne

The University of Queensland

**For more information, please visit the University website.




Apa saja persyaratan masuk yang perlu Anda penuhi ?

Persyaratan bahasa Inggris
Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu memberikan hasil tes bahasa Inggris. Ketahuilah bahwa tingkat kemahiran bahasa Inggris yang diwajibkan oleh sebuah lembaga pendidikan dapat berbeda dari tingkat kemahiran yang diharuskan untuk aplikasi visa pelajar Anda. Anda harus memeriksa secara seksama informasi visa pelajar di situs web Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan Australia maupun situs web lembaga pendidikan untuk mengetahui semua persyaratan bahasa Inggris. 

Persyaratan akademik
Persyaratan akademik (termasuk bukti kemahiran bahasa Inggris) yang Anda perlukan untuk studi di Australia akan berbeda-beda, tergantung pada tingkat pendidikan yang Anda inginkan. Lembaga pendidikan dapat mempunyai persyaratan masuk yang berbeda, jadi bacalah informasi studi dalam situs web mereka secara teliti atau hubungi mereka untuk meminta saran.
Berikut beberapa panduan umum mengenai persyaratan masuk untuk tingkatan studi yang berlainan:
  • Bahasa Inggris - Persyaratan masuk beragam antar lembaga pendidikan dan juga menurut tingkat studi bahasa Inggris yang ingin Anda pelajari.
  • Jenjang Sarjana (Undergraduate) - Untuk masuk ke jenjang sarjana di Australia, Anda harus mempunyai Ijazah Pendidikan Menengah Atas Australia (Tingkat 12), atau yang setara di luar negeri. Beberapa jurusan jenjang sarjana juga mungkin mempunyai mata kuliah prasyaratan tertentu.
  • Jenjang Pascasarjana (Postgraduate) - Selain lulus dengan memuaskan dari sekurangnya satu gelar di tingkat sarjana, lembaga pendidikan Anda mungkin mempertimbangkan kemampuan riset atau pengalaman kerja terkait.
Saran: Untuk memenuhi persyaratan akademik sekolah menengah Australia, pertimbangkan untuk mengikuti studi Foundation. Ini merupakan studi intensif yang juga disebut studi bridging (program persiapan), yang akan membantu Anda memenuhi persyaratan masuk. Jenis studi ini umumnya berlangsung selama satu tahun dan ditawarkan oleh sebagian besar lembaga pendidikan tinggi.


Persyaratan visa
Visa pelajar yang Anda perlukan tergantung pada jurusan pilihan Anda. Sebagai panduan, persyaratan pokok utama yang harus Anda penuhi adalah:
  • Memberikan sertifikat konfirmasi pendaftaran
  • Memenuhi persyaratan Masuk Sementara yang Jujur dan Benar
  • Dana yang cukup untuk tiket pesawat terbang, biaya studi dan biaya hidup
  • Kemahiran bahasa Inggris
  • Memenuhi persyaratan kesehatan dan karakter
  • Asuransi Kesehatan Siswa Asing (OSHC/Overseas Student Health Cover)
Baca lebih lanjut mengenai Persyaratan Utama Visa Pelajar tautan eksternal www.immi.gov.au/allforms/pdf/applying-student.pdf (opens in a new window)


 Asuransi Kesehatan Siswa Asing
Australia mempunyai sistem asuransi kesehatan khusus bagi siswa internasional yang disebut Overseas Student Health Cover (OSHC). Perlindungan ini akan membantu Anda membayar perawatan medis atau rumah sakit yang mungkin Anda perlukan saat belajar di Australia, dan juga akan membantu menutup sebagian besar biaya obat resep dan fasilitas mobil ambulans dalam keadaan darurat.

Jadi mau cepat-cepat lulus biar bisa lanjut study in Australia hhe. Aminnnn, yukk sama-sama persiapkan diri dari sekarang! See you soon guys in Aussie!

Palembang, 12 Juli 2016

Best Regards,
Fayna Faradiena

Comments

Popular Posts