Invitation from RDK FM



Untuk pertama kalinya, mendapatkan kesempatan sebagai bintang tamu di Radio Dakwah Kampus (RDK) FM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal ini karena 2015 lalu saya menjadi salah satu juara di kompetisi bernyanyi tingkat Universitas, “UIN Vocal Combat 2015” oleh  Himpunan Mahasiswa Farmasi.




 Saya sangat senang mendapatkan kesempatan ini. Dari kesempatan ini juga saya mendapatkan kenalan baru, yaitu kak Aldinah (Ketua Produksi) dan Zahra (penyiar RDK FM). Saya juga jadi tahu “begini toh di balik layarnya radio”. Sebelum on air, saya mengisi CV dan berbincang-bincang dengan kak Aldinah dan Zahra. Sampai saatnya “On Air”. Yaa, inilah saat yang ditunggu-tunggu. 

Saya sangat senang bisa sharing, karena disini kami tidak hanya membahas tentang kompetisi menyanyi kemarin saja, tetapi juga seputar bagaimana mengatur waktu antara kuliah dan organisasi, bagaimana menjadi IP walaupun banyak kegiatan yang dijalani. Saya sangat senang bisa sharing tips seputar kemahasiswaan, karena itulah yang saya alami sekarang. 

Saya bukan mahasiswa yang memiliki pencapaian setinggi langit, bukan.. tetapi saya mencoba dan berusaha menjadi mahasiswa yang memiliki tujuan, yang mengejar tujuan, dan menjaga niatnya untuk mencapai tujuan tersebut. Pada saat on air, hal yang saya sampaikan adalah bahwa organisasi itu juga penting, karena itulah yang menjadi bekal bagi kita di masa depan untuk menghadapi kehidupan sebenarnya. Bagaimana bekerja sama, bagaimana menjadi pemimpin, bagaimana mengatur keuangan, membuat event, dan banyak hal lainnya yang didapatkan melalui organisasi. Namun akademik juga tetaplah penting, oleh sebab itu sangat penting untuk berprestasi di akademik, namun juga aktif di organisasi. Kuncinya hanya satu yaitu “time management”, mahasiswa yang mampu mengatur waktunya sebaik mungkin, bagiku itulah mahasiswa yang efektif, ia bisa mengerjakan dua hal bahkan lebih dalam satu waktu secara efektif. Untuk bisa mengatur waktu itu sendiri juga punya kuncinya, beberapa diantaranya adalah :

1.)    Apa yang menjadi prioritas ?
Dalam dunia perkuliahan, menurut saya salah satu godaan paling besar adalah banyaknya kegiatan/organisasi yang menarik, rasanya ingin mengikuti semuanya. Oleh sebab itu sangat penting, untuk mengetahui manakah kegiatan yang benar-benar saya butuhkan (prioritas).

2.)    Hindari ajakan-ajakan yang memperhambat
Ketika sudah merencanakan agenda sedimikian rupa, ada saja godaan yang datang seperti “nongkrong di Caffe baru kuy!”; “hangout bareng kuy udah lama ga kuy” dan ajakan-ajakan lainnya yang sedang hits dikalangan mahasiswa. Jika ajakan tersebut menghampiri saya, sedangkan saya sudah ada jadwal yang diagendakan, saya akan menolak ajakan tersebut dengan bahasa yang asertif. Menolak tapi juga tidak menyakiti perasaan teman yang mengajak tadi. Dengan cara sampaikanlah hal yang sebenar-benarnya.

3.)    Ingatlah tujuan awal
Malas kadang menghampiri layaknya insan biasa, namun dengan mengingat tujuan awal “untuk apa saya berjuang mati-matian demi ini?”, itu dapat memotivasimu untuk segera bertindak dan bergerak cepat.

4.)    Berdo’a
Benar memang tugas manusia adalah berusaha, Tuhan telah memberikan kita kemampuan, maka berusahalah. Namun jangan lupa untuk menghadap-Nya, dengan cara berdo’a. Yakinlah, bahwa do’a akan membuatmu dilancarkan dan dimudahkan dalam segala urusan.  


Setiap individu memiliki cara masing-masing dalam hal time-management, adapun ketiga tips diatas adalah cara yang saya lakukan untuk mengatur waktu antara akademik dan organisasi. Jadi untuk mengatur tidak hanya terpaku pada tiga hal tersebut. Terima kasih sekali lagi saya ucapkan untuk RDK M atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Sukses selalu!






#Day19 #RamadhanInspiratif #Challenge
#Aksara #30HariMenulis                                                                                                                              
Fayna Faradiena


Comments