8 Manfaat Bergabung di Organisasi


8 Manfaat Bergabung di Organisasi


Bagi kalian kawula muda, sudah tidak asing lagi bukan mendengar kata or·ga·ni·sa·si ?

Ya, sudah sangat familiar. Bahkan sebagian dari kita (mungkin) sudah memulai petualangan berorganisasi sejak bangku Sekolah Menengah, sebagian pula ada yang memulai saat kuliah. Sebagian orang percaya, bahwa menjadi bagian dari sebuah organisasi tentu memiliki banyak manfaat

Apa saja itu? Yuk simak 8 manfaat bergabung diorganisasi ala Fayna Faradiena berdasarkan pengalaman pribadinya bergabung di beberapa organisasi.

Keterampilan berorganisasi akan mengantarmu pada pekerjaan dan masa depan yang cerah - Anies Baswedan



#1 ORGANISASI MEMBANTU MENGASAH SOFT SKILLS DIRI

Apa yang kamu pertimbangkan pertama kali saat memilih sebuah organisasi? Kebanyakan orang cenderung memilih organisasi yang memiliki keterkaitan dengan minat dan bakatnya. Pilihan organisasi yang ditawarkan pun bermacam-macam, dari yang hobby desain, bermain musik, belajar Bahasa, debate, karya ilmiah, robotik, kewirausahaan, dan banyak minat lainnya yang bisa kamu kembangkan bersama organisasi yang kamu pilih! Forum Indonesia Muda (FIM) contohnya, sebuah organisasi kepemudaan dengan misi mempersiapkan pemimpin masa depan so buat kamu yang merasa gue banget sama kepemimpinan bisa masuk organisasi ini!

Tentunya di setiap organisasi tersebut, memberikan peluang kepada anggotanya untuk memperdalam kemampuan mereka, tidak hanya mengenai bidang yang berkaitan saja, tetapi juga sisi personal values lainnya seperti komunikasi, percaya diri, negosiasi, tanggung jawab, kerja sama, kepekaan terhadap sosial (ga egois) pun diasah disini! Ga percaya?

Lemme tell you a little bit about my story:

Singkatnya saya adalah mahasiswi jurusan Psikologi (waktu itu), yang berminat di bidang musik dan vokal. Alhasil, saya memutuskan ikut sebuah UKM paduan suara mahasiswa (PSM) UIN Jakarta. Wah, disini saya tidak hanya belajar bagaimana menyanyi dengan teknik yang baik, mengikuti kelas gitar klasik. Tetapi saya juga belajar banyak hal disini, seperti sponsorship, administatif (surat-menyurat), public speaking, serta menambah percaya diri saya saat berada di publik. Semua anggota PSM juga dilatih bagaimana menanamkan sifat kekeluargaan, menjadi pribadi yang kuat (ga boleh manjah!), dan peduli akan sesama (sosial). Kalo boleh dianalogikan itu seperti Beli 1 GRATIS 10, ikutnya satu cuma dapetnya banyak. Hhheheheh.




Belajar mengemukakan pendapat di depan umum bersama anggota PSM UIN Jakarta



#2 MEMPERLUAS JEJARING (NETWORKING)

Manfaat kedua dari berorganisasi ini ga kalah kerennya, yaitu memperluas networking! Yoms!
Percaya ga sih, semakin banyak kamu berorganisasi semakin sempit dunia. Loh loh maksudnya apa toh, pernah dengar tentang istilah “dunia sempit ya”? Terkait hal itu saya sempat berfikir seperti ini:

Sebenarnya, bukan dunia yang semakin sempit. Melainkan jejaringmu yang semakin meluas”- Fayna Faradiena, 2017.

Tak dapat disangkal, bahwa kamu pernah melihat temanmu yang kalau pergi kemana saja pasti ada yang dia sapa atau orang yang menyapa dia? Atau bahkan mungkin kamu juga seperti itu?
Nah, inilah salah satu manfaat organisasi, saat kamu memasuki dunia organisasi, tentu temanmu bukan itu-itu saja, itu lagi, itu lagi. Kamu diharuskan untuk mengenal “new acquaintance” yang bisa saja di dikemudian hari menjadi kerabat dekatmu.  atau mungkin jodohmu?

Saya sempat mengikuti beberapa pelatihan tingkat nasional dan perlombaan internasional, ininih akibat saya masuk organisasi, yang dulu di awal kuliah kenalnya teman kosan, temen kelas, dan temen satu fakultas (ini pun udah berasa mendunia banget rasanya wkwk). Tapi, setelah saya masuk organisasi, beeeuuhhh Alhamdulillah koneksi makin lancar, dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau saya punya teman disana setelah menghadiri kegiatan Indonesian Youth Dream Camp (klik disini untuk cerita lengkapnya), bahkan beberapa teman dari luar negeri. Ga cuma itu aja! Organisasi juga bisa mempertemukan kamu dengan para tokoh-tokoh hebat nan inspiratif loh! Juga mempererat silaturrahim kamu dengan stakeholder kampus.


Saya pernah bercanda gini pas ketemu Bapak Menteri Agama, Lukman Hakim (ceritnya waktu itu habis isi acara sama PSM) “pak, kami lagi butuh sponso untuk lomba” ucapku sambil nyengir sumringah penuh harap, terus beliau jawab sambil tertawa kecil dan menunjuk salah satu pihak kampus “ini bisa minta ke kampusnya”.  



Menjalin relasi dengan salah satu tamu undangan di Temple Tree, Colombo, Sri Lanka



Peserta pelatihan Forum Indonesia Muda 20 dengan baju adat kecenya (Bogor, 2018)




#3 MENINGKATKAN KEMAMPUAN TIME-MANAGEMENT

In fact, bahwa yang bergabung di organisasi juga merupakan siswa, mahasiswa, atau bahkan orang-orang yang sudah bekerja loh. Itu berarti, mereka harus bisa menyeimbangkan waktu antara akademik/pekerjaan/bisnis/keluarga (bagi yang sudah berkeluarga) dengan urusan organisasi. Honestly, it is not as a piece of cake for us. Ya, tidak semudah itu memberikan fokus pada kedua hal yang juga sama-sama penting, karena organisasi juga merupakan keputusan yang kita pilih, dimana kita sudah memikirkan dan menerima segala kemungkinan  risiko yang akan dihadapi, termasuk membagi waktu.

Untuk kalian yang serius mengatur waktu sebaik mungkin, bersyukurlah karena kalian telah belajar sembari meningkatkan kemampuan dalam hal time-management. Kalian mampu membedakan mana prioritas yang harus didahulukan, memprediksi hal-hal kemudian hari dengan mengantisipasinya terlebih dahulu. Membiasakan kalian multi-tasking namun tetap totalitas mengerjakan semuanya. Kalian akan merasa lelah, mungkin juga jenuh tetapi sadarilah bahwa apa yang akan kalian dapatkan kelak pun sejajar dengan apa yang telah kalian perjuangkan.

Bersyukurlah kalian yang bisa membagi waktu untuk berorganisasi. Bersyukurlah kalian yang mampu mempertanggungjawabkan apa yang telah kalian pilih sejak awal. Berani berorganisasi berarti berani mengambil risiko. Termasuk risiko untuk kepentingan kuliah. Bukan menomor duakan, tetapi totalitas untuk apa yang mustinya kita pertanggungjawabkan. – sebuah quotes dari KMNU.




Source : google.com



#4 BROADEN YOUR HORIZON AND EXPERIENCE!

Nah, manfaat yang keempat ini udah ga asing banget sih jadi jawaban dari “Kenapa kamu ingin masuk organisasi?” “karena ingin menambah pengalaman”. Kamu ga hanya kenal teman-teman baru, lingkungan baru, tapi juga menambah pengalaman baru yang cukup challenging yang pada akhirnya membantu kamu untuk memperluas wawasanmu sobat!

Banyak sekali kesempatan untuk menambah pengalaman yang kamu dapatkan setelah menjadi bagian dari organisasi, beberapa diantaranya seperti menjadi delegasi, mengikuti kompetisi nasional/internasional, bertanggung jawab mengurus administrasi kampus, jadi tahu cara buat proposal, jadi paham gimana cari sponsor, dan berpengalaman terlibat maupun mengadakan suatu acara. Tentunya pengalaman yang kamu dapatkan ini ga sia-sia sampai disini aja kok, akan sangat berguna untuk mendaftar beasiswa atau mencari pekerjaan. Pengalaman organisasi adalah salah satu hal yang turut dipertimbangkan loh! Tapi dari itu semua, yang tidak kalah penting adalah pengalaman hidup. Banyak perubahan yang saya alami setelah menjadi volunteer pengajar di daerah Lebak, Banten, ya saya lebih bersyukur dan benar-benar memaknai hidup saat itu. (Klik disini: Kisah Menjadi Pengajar Banten).


Pengalaman mengikuti lomba paduan suara tingkat internasional (Colombo, 2017)


Kebersamaan bersama anak didik SDN 01 Filial Girijagabaya, Lebak, Banten



#5 MEMBUKA PELUANG DELEGATION FUNDING

Berkaitan dengan manfaat yang dijabarkan sebelumnya, bahwa organisasi ini membuka pintu kesempatan bagi kamu yang akan menjadi delegasi. Kamu bisa mengajukan permohonan bantuan dana delegasi (funding) kepada organisasimu atau jika pun tidak, organisasi bisa memberikanmu surat rekomendasi yang kemudian bisa kamu gunakan untuk mencari sponsor, karena jika dibandingkan secara personal, surat yang dikeluarkan oleh organisasi apalagi yang kuat (di bawah suatu badan) memiliki pengaruh disbanding surat pribadi.

Kenapa? Karena jelas dan dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga pemberi dana (donatur/sponsor) yakin bahwa apa yang kita ajukan memang secara resmi, bukan abal-abal. Coba deh, kalo kamu yang jadi donator/sponsor, pastinya kamu akan memberikan bantuan tersebut pada organisasi yang jelas bukan?


Source : google.com


#6 CHANCE TO COLLABORATE!

Pada poin ini, tentu masih kuat kaitannya dengan networking. Ya! Semakin luas jejaringmu, semakin luas kesempatan untuk berkolaborasi dan berbuat baik! Karena banyak organisasi yang menawarkan kesempatan seperti menjadi pemateri, membuat tulisan/karya bersama, menyelenggarakan kegiatan sosial, membangun start up atau bisnis, tawaran kerja, mengadakan event keren, dan masih banyak lagi!

Semua penawaran ini akan datang setelah kalian bergabung di organisasi, dan bisa saja tawaran ini akan datang bertubi-tubi. Tentu saja kesempatan berkolaborasi ini tidak hanya menguntungkan satu pihak, yaitu pribadi kita sendiri loh. Namun, dapat memberikan dampak positif karena turut berkontribusi pada sosial-masyarakat. Berkolaborasi bersama masyarakat, karena “dari rakyat untuk rakyat”.

Jadi untuk kalian yang punya ide kreatif (biasanya anak muda banyak banget nih idenya! Hhi). Jangan dipendam sendirian ya, percaya lah kamu bisa mewujudkannya. Hanya saja kamu perlu berkolaborasi untuk mewujudkannya.

Diskusi antara FIM 20 Jakarta bersama tokoh masyarakat Gugun Muhammad (Ciliwung, 2018)

Meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda, kami disatukan untuk sebuah kolaborasi
(Pelatihan FIM 20 Bogor, 2018)



#7 MEMPERKAYA CV MU, MEMPERSIAPKAN MASA DEPANMU

Pengalaman dalam berorganisasi sangat bisa, bahkan diperlukan untuk mempercantik CV (Curriculum Vitae). Eitss, tapi perlu diingat. Bukan berarti gabung banyak organisasi tapi tidak berkontribusi (numpang nama) hanya untuk memperpanjang CV ya. Tulislah organisasi yang memang benar-benar kamu tekuni dan kami bertanggung jawab atas itu.

Hampir seluruh perusahaan, instansi, dan juga pemberi beasiswa mempertimbangkan pengalaman berorganisasi sebagai kriteria dalam menetapkan employee / awardeeKenapa? Boleh dicoba deh atau diobservasi, bukannya apa ya cuma ini nyata apa adanya, bahwa mereka yang aktif di organisasi memiliki skills yang lebih unggul daripada yang tidak. “Tapi ada kok yang ga ikut organisasi, tapi belajar terus pinter”. Oke baik, pertanyaannya gini deh “bagaimana hubungannya dengan sosial?”. Karena kepekaan terhadap lingkungan, kemampuan negosiasi dan beradaptasi juga diasah di organisasi broh! Banyak hal-hal yang mungkin tidak kita dapat di sekolah/perkuliahan, tapi akan kita dapatkan ketika kita berorganisasi.

Saya juga pernah buktikan dengan melihat beberapa CV para awardee beasiswa internasional, tak dipungkiri bahwa mereka adalah orang-orang yang memiliki pengalaman dalam organisasi.


Source : google.com


#8 BERTEMU DENGAN JODOH

Mohon maaf nih sebelumnya pemirsah, ini bukan berasal dari pengalaman pribadi melainkan observasi saya terhadap senior-senior yang sudah mendahului saya menuju jenjang pernikahan. Ga sedikit kok yang mendapat pasangan dari organisasi yang sama. Beberapa senior saya di Forum Indonesia Muda (FIM) mendapatkan pasangan dari tempat yang sama, seringkali diplesetkan jadi Forum Ingin Menikah saking cukup banyak yang berjodoh dengan teman sendiri. Mohon jangan ditanya dulu yah yang nulis ini kapan menyusul , mohon do’anya saja :’)




Nah itu dia guys 8 manfaat jika kamu bergabung di organisasi, sebenarnya masih banyak lagi tetapi itu yang saya rangkum secara umum berdasarkan pengalaman pribadi. Kesimpulannya adalah organisasi merupakan wadah yang sangat penting bagi kamu dalam hal pengembangan, baik pengembangan karakter diri maupun pengembangan kepada sosial melalui kolaborasi.

Bagi kalian yang sudah menjadi bagian dalam organisasi, saya ucapkan “Selamat”! karena keputusan Anda tersebut akan berdampak pada masa depan kelak. Let’s see further.

Untuk kalian yang belum bergabung di organisasi, penyesalan bukanlah hal bijak yang Anda lakukan. Namun, segeralah memantapkan tujuan Anda, pikirlah sekali lagi apakah “organisasi” dapat membantu Anda menambah “bekal” keterampilan serta networking di masa mendatang, jika “Iya” maka segera cari organisasi yang sesuai dengan bidang atau keterampilan yang ingin kamu perdalam.


Salam semangat  !
Fayna Faradiena
Pare, 24 Februari 2019






Comments

  1. karya yang dituangkan dalam bentuk tulisan melalui self experience ini sangat menarik untuk dibaca, salam aktivis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir membaca, terima kasih atas testimoninya. Salam!

      Delete
  2. Mantul👍 ini dia aktivis kita Kak Diena..
    Keren Kak (h)
    Ikutan IM kah?

    ReplyDelete
  3. Halo Bunda hhi. Terima kasih sudah menyempatkan membaca hhi. Ikutnya Banten Mengajar Bun🙏

    ReplyDelete
  4. Uwu, yg ((terakhir)) :)
    Mantap!

    ReplyDelete
  5. Terkait poin nomor delapan, Kak Dina sudah menemukannya belum? Kalau belum, hmm, kayanya hujan seperti kk sangat cocok deh untuk bersembunyi dan kemudian turun ke dunia, memberikan kehidupan sebagaimana yang digariskan dalam firman-Nya, di dalam awan seperti hamba ini. hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts