#IELTSJOURNAL : Cara Jitu Meningkatkan Band Score pada IELTS Speaking (+7 Band)

Haihai! Kembali lagi di #IELTSJOURNAL nya Dina Chapter 3!
First, I would like to say that... artikel ini ditulis dengan tujuan utama sebagai tugasku dari English Studio untuk membuat rangkuman tentang apa sih yang sudah aku pelajari per empat hari di C1 Class (Periode 25 Des). Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat!


Speaking IELTS mentok di skor 6 atau 6.5, masihkah ada secercah harapan untuk meningkatkannya?

By the way hanya diri kita masing-masing yang mampu menjawabnya, tulisan ini hanya sebagai tools yang diketik dengan penuh cinta untuk para IELTS Catcher yang sedang belajar IELTS ataupun yang akan mengambil IELTS exam dalam waktu dekat ini!

Semua tulisan ini dirangkum berdasarkan materi beserta petuah-petuah para tutor di English Studio, Pare yang berpengalaman dalam bidang tersebut (tutor Speaking Class-ku: Mr. Aslan- LPDP Awardee 2018, Australia National University).

Jadi, untuk mendapatkan band score > 6.5 di IELTS Speaking tidak bisa hanya mengandalkan fluency (kelancaran berbahasa) dan grammar saja. Namun, harus ada strategi yang lain! Wahh apa thuuuu!

Sebelumnya, kita harus tahu dulu "target yang mau kita capai" berapa sih untuk IELTS Speaking ini, kemudian mempelajari aspek apa saja yang menjadi kriteria penilaian, serta bagaimana cara mencapai target dengan memenuhi kriteria tersebut. Tentu proficiency test ini ingin mengukur seberapa dalam sih pemahaman kita tentang bahasa Inggris (bagaimana kita menggunakan simple-compound-complex sentence, sudah tepat belum grammar-nya, collocations, seberapa luas vocabulary yang kita tahu) ya disinilah tempat mengujunya, IELTS!






Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui strateginya. Mauuu tahuuu, yuk simak penjelasan singkat di bawah ini :

1.) Broaden your vocabulary
Kebayang ga, gimana caranya ngomong tapi kita ga ada stok vocabulary? Maka dai itu, memperluas vocabulary adalah wajib sebagai syarat utama ga hanya di part Speaking, bahkan dalam setiap part dalam IELTS (Writing, Reading, dan Listening). Akan sangat lebih baik lagi jika... menggunakan kosakata yang advance namun dapat dimengerti (grammatically correct). Berikut ini merupakan beberapa alternatif untuk menambah vocabulary-mu!
a.) Perbanyak bahan bacaan atau listening, intinya selalu libatkan bahasa Inggris (baik dalam bentuk tulisan ataupun audio), sehingga jika ada vocabulary yang belum dijumpai sebelumnya, dapat dicatat dan diingat. Akan lebih baik lagi jika memperluas synonim, contohnya:

Change = Alter

Hence = Thus = Therefore

....to travel = ... to explore

attainment = achievement



setelah mendapatkan vocabulary, maka tahap selanjutnya yang harus kita lakuka secara konsisten adalah "practice make you flawless"!

2.) Speak at length 
Dalam menjawab all parts in the IELTS (Part 1, 2, 3) ga bisa jawab begitu aja untuk band +7 perlu yang namanya struktur, contohnya di Part 3 menggunakan AREA :
- Answer (paraphrase from the question)
- Reason
- Example / Explanation (details)
- Answer / alternative (suggestion)

karena menggunakan struktur, maka dari itu berbicaralah dalam durasi yang cukup panjang. Untuk Part 1 standarnya 3 - 4 klausa, Part 2 (sudah pasti 2 menit), dan Part 3 harus mencakup AREA tersebut. Boleh panjang, tapi ingat jangan keluar dari koridor (topik), harus tetap pada topik (pertanyaan).

3.) Less noticeable effort
Tentu semua pertanyaan IELTS speaking adalah tak terduga. Apa maksudnya? karena kamu baru akan tahu pertanyaannya pada saat itu juga, maka kamu akan menjawab spontaneously. Meskipun cukup sulit untuk menjawab dan berpikir secara bersamaan, apalagi kadang-kadang suka ada long-pauses (berhenti saat lagi berbicara) atau seperti "aa.. aaaa", nah sebaiknya itu dikurangkan dan minimalisir kalau kamu tuh lagi mikir (jangan terlihat seperti berpikir keras), make it simple guys!

4.) Speak naturally
Berbicaralah layaknya native, I mean.. terkadang kita itu berbicara bahasa Inggris seperti translate, dari Indo ke Bahasa Inggris. Try to speak naturally! hal ini juga dipengaruhi dengan kosa kata yang kita miliki, sederhananya kalimat "casual acquintance" (meaning: teman baru kenal yang ga terlalu dekat), jadi tidak perlu diterjemahkan word-by-word agar lebih natural.

5.) Body language
meskipun ini bukan wawancara kerja ataupun beasiswa, tetapp body language (bahasa tubuh) adalah penting. Karena bagaimana kita bersikap juga bisa menentukan bagaimana sikap examinar ke kita. Setidak-tidaknya (minimal) senyum, jangan terlalu kaku, datar, sangat disarankan untuk menggerakkan tangan (naturally). Intinya adalah try to entertain he examiner but not too much!

6.) Intonasi 
Nahh intonasi atau rendah-tingginya suara kita juga berpengaruh loh guys! Simple-nya gini, ya kalian bandingkan aja kalau bicara sama yang nadanya monoton, sama yang ada emphasizenya (penekanan) dibeberapa kalimat, enakan yang mana dengernya?

So, itu dia enam sisi lain yang (insyaaAllah) dapat meningkatkan skor Speaking kamu diluar fluency dan grammar ya (karena sudah pasti ini mah jadi penilaian utama juga). Eitsss jangan lupaa, berhasil atau tidaknya mendapatkan band +7 sesuai dengan usahamu ya guys! Never give up to catch your dream IELTS Catcher!!



#englishstudio #englishstudioindonesia #englishstudiopare #ieltspare #ieltsenglishstudio #beasiswaieltspare #kampunginggrispare #kampunginggris #ieltskampunginggris






Pare, January 16th 2019
Fayna Faradiena

Comments

Popular Posts