#IELTSJOURNAL : MEMBUAT POLA CAUSE-EFFECT DALAM IELTS WRTING TASK 2






CHAPTER 5
Holaa IELTS Catcher !!
Well, hari ini kita akan membahas tentang model cause-effect atau effect-solution yang ada di IELTS Writing Task 2. Bagaimana sih cara membuat struktur untuk model seperti itu? Yuk simak di bawah ini:

Untuk pola cause-effect/effect-solution tidak jauh berbeda dengan model-model lainnya yang ada pada Task 2, pada umumnya terdiri dari empat paragraf yang terdiri dari Opening, Body 1, Body 2, dan Conclusion.
PARAGRAPH 1 : INTRODUCTION
1.       PARAPHRASING (menggunakan kalimat yang berbeda, namun masih dengan meaning yang sama).
2.       THESIS STATEMENT (disini kamu memberi tahu posisi/statement kamu sesuai dengan soal tersebut). Misalnya kita harus menjadi cause (sebab) dan juga effect (akibat) dari Global Warming, maka kamu dapat menjelaskan sebab beserta akibat dari Global Warming secara singkat dan jelas di bagian ini.

PARAGRAPH 2 : BODY 1
1.       PARAPHRASE dari opini dari CAUSE (jika soalnya tentang cause-effect) yang  sudah kita tuliskan sesuai dengan paragraph 1. Misalnya kamu menulis “polusi udara” sebagai pemicunya. Maka di BODY 1 kamu menjelaskan tentang polusi udara sebagai penyebab.
2.       SUPPORTING IDEAS
Nah setelah kamu memberikan IDE UTAMA dari CAUSE yang telah kamu paraphrase, selanjutnya memberikan ide pendukung berupa ALASAN dari ide utama tersebut.
3.       EXAMPLE
Memberikan contoh pun tidak sembarangan, kamu harus mencakup 5W+1H

PARAGRAPH 3 : BODY 2
1.       PARAPHRASE dari opini dari EFFECT (jika soalnya tentang cause-effect) yang  sudah kita tuliskan sesuai dengan paragraph 1. Misalnya “menipisnya ozon yang pada gilirannya menyebabkan sinar UV masuk dengan mudah ke bumi dan bisa merusak kult” sebagai akibat dari pemanasan bumi. Maka di BODY 1 kamu perlu menuliskan hal tersebut dengan kalimat yang berbeda dengan BODY 1.
2.       SUPPORTING IDEAS

Nah setelah kamu memberikan IDE UTAMA dari EFFECT yang telah kamu paraphrase, selanjutnya memberikan ide pendukung berupa ALASAN dari ide utama tersebut.
3.       EXAMPLE
Memberikan contoh pun tidak sembarangan, kamu harus mencakup 5W+1H

PARAGRAPH 4 : CONCLUSION
PARAPHRASING dari INTRODUCTION dan biasanya di awali dengan kalimat penutup seperti :
1.       To conclude,
2.       To sum (up),
3.       In conclusion

Nah itu dia IELTS Catchers sistematika dalam menulis IELTS Writing Task 2 model cause-effect, untuk tipe effect-sollution tidak jauh berbeda secara format. Hanya saja pada BODY 1 berarti paragrf tersebut harus menjelaskan EFFECT, dan SOLLUTION pada BODY 2. Sampai disini dulu ya IELTS Catcher, sampai berjumpa pada Chapter berikutnya!




#englishstudio #englishstudioindonesia #englishstudiopare #ieltspare #ieltsenglishstudio #beasiswaieltspare #kampunginggrispare #kampunginggris #ieltskampunginggris







Comments

Popular Posts