#IELTSJOURNAL (Simple Past Tense X Past Perfect Tense: Kapan harus digunakan?)



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh!
(03/01/2019) Setelah satu minggu mengikuti program pelatihan IELTS dari English Studio (Pare, Kediri-Jawa Timur). Saya merasakan banyak sekali hal-hal yang tidak saya pelajari sebelumnya atau pun (sudah) belajar namun belum paham dapat saya mengerti dengan mudah dan jelas. Jika pada Blog-post sebelumnya sudah membahas tentang dasar-dasar Writing Task 2. Maka, hari ini saya akan membahas dua hal yang terlihat sama tapi sangat berbeda. Yaitu “simple past tense” dengan “past perfect tense”.
Jika dilhat dari segi fungsi, baik Simple Past maupun Past Perfect menjelaskan waktu lampau. Pertanyaannya adalah dalam “waktu lampau” yang seperti apa?.

Here you are!
……………………………………

Simpe Past Tense meupakan tindakan/peritiwa yang sudah berlalu, dan biasanya kalimat tidak  hanya sampai.
Adapun formula yang digunakan adalah Subject (S2) past (03/01/2019) Setelah satu minggu mengikuti program pelatihan IELTS dari English Studio (Pare, Kediri-Jawa Timur). Saya merasakan banyak sekali hal-hal yang tidak saya pelajari sebelumnya atau pun (sudah) belajar namun belum paham dapat saya mengerti dengan mudah dan jelas. Jika pada Blog-post sebelumnya sudah membahas tentang dasar-dasar Writing Task 2. Maka, hari ini saya akan membahas bagian keluarga kecil dari Tenses.

Simpe Past Tense meupakan tindakan/peritiwa yang sudah berlalu, dan biasanya kalimat tidak  hanya sampai.
Sedangkan pada Past Perfect Tense merupakan tindakan atau peristiwa yang terlebih dahulu terjadi dari yang lainnya (dan biasanya bukan merupakan kalimat tunggal melainkan terdiri dari beberapa klausa), dengan formula sebagai beikut: Subject
Contoh:
I had studied at B1 for two weeks of the previos perode”

Satu hal yang menjadi salah satu kunci utama bagi para IELTS Catcher untuk membedakan Simple dan Perfect adalah melihat keterangan waktu. Seperti “in’” yang berkaitan dengan simple past tense (S+V2), dan "by" yang berarti past perfect tense (S+had+V3).

Contohnya :

1.) The began to rise more significantly in 1940 and by 1970 it had tripled to reach 3% of the population.

Pada contoh nomor 1, sebelum tahun terdapat kata "by" atau yang berarti "sampai saat ini...", maka Subject dan Verb yang ada pada kalimat tersebut harus berbentuk Past Perfect Tense.

2.) .... in the number of people aged 65-74 between 1960 and 1970, the number of people aged 75 and over increased during this time.

NB:
1.) "by" menunjukkan Past Perfect, sedangkan "in" menunjukkan Simple Past.

#englishstudio #englishstudioindonesia #englishstudiopare #ieltspare #ieltsenglishstudio #beasiswaieltspare #kampunginggrispare #kampunginggris #ieltskampunginggris



Comments

Popular Posts